Thursday, June 19, 2014

Stasiun Kota Baru Malang

Bagi pecinta jasa KAI tentunya sudah tak asing dengan Stasiun Malang atau yang lebih dikenal dengan nama Stasiun Malang Kota Baru (ML). Nama Stasiun Malang Kota Baru digunakan untuk membedakan dengan Stasiun Malang Kota Lama yang usianya lebih tua.
Dengan dua belas jalur aktif menjadikan stasiun ini merupakan stasiun terbesar
di Malang. Stasiun Malang Kota Baru terletak pada ketinggian lebih kurang 444 dari permukaan air laut dan di tengah kota Malang tepatnya di Kawasan Klojen. Lokasi Stasiun Malang merupakan lokasi yang strategis di Malang karena dekat dengan Lapangan Rampal, Alun-Alun, Balai Kota, Gedung DPRD Malang, dan spot menarik lainnya.

Stasiun Malang

Pada tahun 1941 Stasiun Malang dibangun berdasar pada karya J. Van Der Eb. Awalnya, bangunan Stasiun Malang terletak di sisi timur bangunan yang sekarang. Penumpang yang baru saja turun dari kereta akan disuguhi pemandangan Gunung Panderman di sebelah barat sebagaimana rancangan awal. Seiring berjalannya waktu, stasiun ini semakin dipadati penumpang sehingga bangunan yang telah dibangun dirasa kurang mampu menampung seluruh penumpang. Untuk mengatasi masalah tersebut, dibangunlah bangunan baru yang lebih besar pada sisi barat dan masih digunakan sampai sekarang sebagai Stasiun Malang. Bangunan yang dulunya Stasiun Malang yang bersebelahan dengan Dipo Kereta dan Lokomotif Malang kini difungsikan sebagai kantor dan gudang untuk menyimpan alat-alat perawatan jalur kereta api.

Para pelancong akan disuguhi udara sejuk Malang dan pemandangan Patung Buto yang tepat berada di depan stasiun Malang. Kini di depan Stasiun Malang juga dapat ditemui taman kota yang ramai pengunjung. Pelancong tak perlu khawatir jika baru pertama kali ke Malang, di pintu keluar tersedia jasa angkutan yang beragam diantaranya Mobil Carteran, Angkutan Umum (Angkot), dan Becak yang setia menanti kehadiran para pelancong.

Patung Buto di Depan Stasiun Malang
Untuk menuju Stasiun Malang dapat menggunakan Kendaraan Pribadi, Taxi, Angkutan Umum, Becak dan Ojek. Klik disini untuk mengetahui rute Angkutan Umum di Malang.

Kereta Api

Stasiun Malang menyediakan beberapa kereta api baik jarak dekat maupun jarak jauh yaitu:

  • Gajayana kelas Eksekutif tujuan Malang - Jakarta (Gambir) PP
  • Bima kelas Eksekutif tujuan Malang - Surabaya (Gubeng) - Jakarta (Gambir) PP
  • Majapahit kelas Bisnis tujuan Malang - Jakarta (Pasar Senen) PP
  • Matarmaja kelas Ekonomi (AC) tujuan Malang - Jakarta (Pasar Senen) PP
  • Malabar kelas Eksekutif, Bisnis, dan Ekonomi (AC) tujuan Malang - Bandung PP
  • Malioboro Ekspres kelas Eksekutif dan Ekonomi (AC) tujuan Malang - Yogyakarta (tugu) PP
  • Tawang Alun kelas Ekonomi tujuan Malang - Banyuwangi Baru PP
  • Penataran Ekspres kelas Ekonomi (AC) tujuan Malang - Surabaya (Gubeng) PP
  • Penataran kelas Ekonomi (AC) tujuan Malang - Surabaya dan Blitar
Kereta Api di Stasiun Malang
Comments
0 Comments